Faktor Air-Semen

loading...

Faktor air-semen (FAS) adalah salah satu faktor yang penting yang mempengaruhi mutu beton. FAS adalah perbandingan antara berat air dengan berat semen.

FAS = berat air / berat semen

Ingat ya, satuannya harus sama.

Sebelumnya kita lihat dulu tentang air. Air pada adukan beton berfungsi sebagai pembentuk pasta semen. Pasta semen akan mengalami hidrasi. Jadi, air itu sebenarnya ngga menguap, tapi terhidrasi. Bedanya apa? Kalo menguap, air lepas dari adukan, berubah wujud menjadi uap air, molekulnya tetap H_2O . Tapi kalo hidrasi, molekul air menyatu dan bereaksi dengan senyawa semen, menghasilkan reaksi kimia yang kompleks, dan air yang ada di sana sudah tidak berwujud H_2O lagi.

Nah… secara teori, untuk terhidrasi secara sempurnya, berat air paling ngga harus ada sekitar 0.25 dari berat semen… atau dengan kata lain FAS-nya 0.25.

Tapi… FAS 0.25 itu nggak workable, alias kurang encer, susah diaduk, susah dituang. FAS minimum agar adukan beton menjadi lebih workable – tanpa zat aditif – adalah 0.35. Pada prakteknya angka FAS dibatasi maksimum di kisaran 0.4 hingga 0.5, karena jika FAS terlalu tinggi, justru akan menurunkan mutu beton.

grafik faktor air-semen
Pengaruh Air dan Semen Terhadap Kekuatan Beton