Pencampuran dan Perawatan

loading...
Pencampuran & Pemadatan

Semua material pembentuk beton harus dicampur dan diaduk secara merata. Boleh secara manual maupun menggunakan alat. Tentu saja, pencampuran menggunakan alat akan meberi hasil yang lebih meyakinkan. 🙂

Beberapa alat pengaduk beton yang cukup populer antara lain: Molen Beton, dan Truk Molen (Concrete Mixer Truck). Konsepnya sih sama, kapasitasnya aja yang beda.

(gambar Molen)

Ngga cuma pada saat pencampuran, waktu dituang, adukan beton juga harus benar-benar mengisi ruang secara merata, jangan sampai ada rongga atau pori-pori udara. Untuk itu harus ada perlakuan lagi, yang namanya pemadatan. Caranya macam-macam, ada yang pakai alat getar (vibrator), ada juga yang ditusuk-tusuk (serem amat ya?) sehingga rongga atau porinya tertutup. Untuk sampel beton, biasanya diletakkan di meja getar, jadi betonnya lebih bagus pemadatannya.

Secara teori, kalo ada rongga udara sebesar rata-rata 5%, itu bisa mengurangi kekuatan beton hingga 30%. Nah… makanya pemadatan itu penting.

Perawatan

Apa maksud perawatan di sini? Maksudnya adalah, selama beton mengering (setting), dia berubah dari fasa encer (lecak) menjadi keras. Proses yang paling penting di sini adalah hidrasi, yaitu bereaksinya molekul-molekul air dengan molekul semen, membentuk senyawa baru yang mengikat dan menyatukan agregat-agregat yang ada di situ.

Agar bisa terhidrasi dengan baik, air jangan sampai keluar, baik itu menguap (bukan menguap mengantuk lho), atau butiran airnya tertiup angin. Makanya, musuh utama beton basah adalah panas dan angin. Oleh karena itu perawatan yang paling cocok untuk beton yang sedang mengering adalah dengan menjaga kelembaban permukaannya yang terekspos oleh udara.

Cara yang paling sering kita lihat adalah ditutupi dengan karung basah, terpal, atau plastik. Ada pula yang melakukan perawatan dengan cara menyemprot dengan butiran air secara berkala. Ini sih emang niat. 😀

Beton yang lebih lama masa kelembabannya dipertahankan, akan lebih kuat dibandingkan dengan yang jarang dijaga kelembabannya pada tahap setting.